-->

Resep Cara Membuat Minuman (Wedang) Temulawak, Minuman Tradisional Yang Meyehatkan

Resep Cara Membuat Minuman (Wedang) Temulawak, Minuman Tradisional Yang Meyehatkan
Resep Cara Membuat Minuman (Wedang) Temulawak, Minuman Tradisional Yang Meyehatkan
Cara membuat minuman temulawak yang paling sederhana, siapa saja bisa membuatnya. Termasuk Anda, saya dan yang tidak pernah membuat minuman inipun bisa membuatnya.
Resep cara membuat minuman (wedang) temulawak
Apa itu temulawak? Temulawak adalah tanaman yang biasanya digunakan untuk membuat obat tradisional dan tanamannya mirip dengan kunyit. Namanya juga tanaman obat yang barang tentunya banyak memiliki manfaat jika di gunakan dengan benar.

Sebelum Anda mengetahui resep cara membuat minuman (wedang) temulawak tidak ada salahnya, lebih dahulu mengetahui beberapa manfaat dari temulawak ini. Dan berikut manfaat temulawak.

Baca Juga Cara Membuat Minuman Temulawak & Temukan Manfaat

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Berikut ini beragaman manfaat temulawak yang Anda peroleh jika menggunakannya dengan benar.
  • Menjaga fungsi hati
  • Dapat mengurangi radang sendi
  • Dapat mengatasi masalah pencernaan
  • Dapat mengurangi lemak darah
  • Bisa untuk mencegah kanker
  • Dapat untuk mengobati hepatitis
  • Dapat meredakan derita asma
  • Dan masih banyak lagi manfat dari temulawak untuk kesehatan
Nah, itu dia manfaat dari temulawak. Jikalau melihat manfaatnya tentunya dengan menkonsumsi temulawak untuk dibuat minuman tradisional temulawak, yang pastinya kita akan mendapatkan manfaat tersebut.

Lalu bagaimana cara membuatnya. Berikut ini cara membuat minuman (wedang) temulawak yang paling mudah, minuman tradisional. 

Terlebih dahulu Anda siapkan temulawak, cara ini biasanya digunakan orang jaman old (jaman dulu sewaktu saya masih kecil). Cuci bersih temulawak kemudian potong kecil-kecil temulawak dan langkah selanjutnya jemur potongan temulawak tersebut di terik panas matahari.

Tunggu beberapa hari sampai kering, Anda bisa meyiapkan potongan temulawak dalam jumlah banyak untuk persedian membuat minuman temulawak dan ini biasanya dikakukan pada saat itu.

Nah, langkah berikutnya dalam resep cara membuat minuman (wedang) temulawak yang saya lakukan pada saat itu, terlebih dahulu Anda harus menyiapkan bahan-bahannya.

Bahan-Bahan Minuman Temulawak

  • Potongan temulawak yang sudah di keringkan
  • Gula merah atau gula jawa, gula aren jika tidak ada bisa menggunakan gula pasir
  • Air panas lebih baik air yang baru mendidih

Cara membuatnya, masukan temulawak ke dalam gelas dan gula kemudian masukan air panas. Selanjutnya aduk rata dan wedang temulawak sudah siap di minum.

Itulah cara sederhana membuat minuman (wedang) temulawak yang saya sering lakukan. Anda bisa meminum minuman tradisional terseut di pagi hari, siang hari dan petang hari.
Baca juga Resep Minuman Hangat Tradisional Wedang Jahe Gula Merah
Cukup mudah bukan resep cara membuat minuman (wedang) temulawak, minuman tradisional yang menyehatkan. Semoga bermanfaat.

Advertisement