-->

Resep Bahan dan Cara Membuat Es Doger Nikmat Sebagai Santapan Untuk Berbuka Puasa

Resep Bahan dan Cara Membuat Es Doger Nikmat Sebagai Santapan Untuk Berbuka Puasa
Resep Bahan dan Cara Membuat Es Doger Nikmat Sebagai Santapan Untuk Berbuka Puasa
Resep Es Doger
 Awalnya saya tidak kenal dan tidak tahu apa itu es doger, maklum saya tidak tahu apa itu es doger, karena es doger tidak pernah saya temui di kampung tempat tinggal saya tepatnya di Sulawesi Selatan, Kab.Sidrap. Namun saya ini anak perantau berbulan-bulan lamanya saya tinggal di Tarakan sebagai perantau sampai memasuki bulan puasa itu saya begitu kagum melihat para penjual takjil di pinggir jalan pada sore hari.

Suatu hari sepulang dari kerja saya berjalan kaki pulang ke rumah dan tiba-tiba di pertengahan jalan saya kepikiran ingin membeli yang segar-segar buat berbuka puasa di rumah nanti bersama dengan ibu saya di rumah, kebetulan di pertengahan jalan saat itu saya menemukan dan mampir di sebuah penjual gerobak es doger piggir jalan untuk membelinya, saat itu saya perhatikan setiap bahan-bahan yang di sediakan dalam pembuatan es doger.

Sesampai di rumah waktu pun sudah saatnya untuk berbuka puasa akhirnya saya dan ibu saya pun menyantap lebih dulu es doger yang saya beli di pinggir jalan tadi ibu saya pun menyukainya, karena ibu saya menyukainya, kebetulan besok saya kena giliran masuk siang kerja, jadi paginya saya pun sempatkan ke pasar untuk mencari bahan yang di perlukan untuk membuat es doger selain itu saya pun  mengajari ibu saya untuk membuatnya, mau tau caranya!!, yuk kita simak bahan-bahan apa saja yang perlu di sediakan dalam pebuatan es doger.


Adapun bahan-bahan yang perlu di persiapkan dalam pembuatan es doger diantaranya adalah,


Bahan-Bahan:

  • 200gr tape singkong,
  • 2 btr kelapa muda,
  • 200gr tape ketan hitam,
  • 3-4 lmbr roti tawar, potong kotak-kotak
  • 1bngks mutiara sagu,
  • 1,5 ltr santan kelapa,
  • Alpukat,
  • 150ml susu kental manis,
  • 350gr gula pasir,
  • Pewarna makanan, merah muda secukupnya.

Setelah semua bahan sudah di persiapkan, langkah selanjutnya adalah bagaiman cara membuat es doger.

Adapun cara membuat es doger diantaranya adalah:

  1. Berhubung karena mutiara sagu lama di masak, jd ada baiknya jika lebih dulu mutiara sagunya di masak sampai mutiaranya agak ngembang dan berwarna bening, sambil memasak bahan lainnya,
  2. Campur santan dan gula, lalu rebus hingga mendidih, lalu masukkan pewarna makanan dan aduk sampai tercampur rata, kemudian tuangkan ke dalam wadah dan masukkan ke dalam kulakas sampai sedikit membeku,
  3. Ambil campuran santan yang sudah terlihat membeku, lalu kocok dengan sendok dan kemudian mixer sampai halus,
  4. Jika sudah terlihat halus masukkan daging kelapa yang sudah di serut,
  5. Kemudian langkah penyajiannya, siapkan gelas, cangkir atau mangkuk, lalu masukkan tape singkong, tape ketan hitam, mutiara sagu, potongan roti tawar, alpukat, kelapa muda yang sudah di serut, lalu masukkan pula es yang sudah di serut halus.
  6. Tuangkan susu kental manis putih atau coklat di atasnya,
  7. Sajikan.

Nah, saat ini kan tidak terasa bulan puasa semakin dekat tinggal menghitung hari, biasanya orang yang lagi puasa inginnya yang segar-segar, bagi yang ingin mencoba bikin sendiri di rumah, dari itu yuk!! Intip resep  minuman dingin segar dan nikmat es doger Buat bikin di rumah, bikin sendiri di rumah lebih irit, tidak perlu keluar rumah cari-cari di mana orang jualan es doger, asalkan semua bahan yang di butuhkan untuk membuat es doger sudah tersedia di rumah, ya.. boleh deh untuk mencoba bikinnya. "Selamat mencoba!!!".



Advertisement